Saturday, 24 June 2017

Hay Day, Game Pertanian Paling Populer Bahkan Mendudukin Nomor 1 di 122 Negara

Hay Day, Game Pertanian Paling Populer Bahkan Mendudukin Nomor 1 di 122 Negara


Sahabat Codding PC, kali ini kita akan review sedikit tentang game yang satu ini, Hay Day. Wah, jika kalian hobi main game pertanian tentu tak asing lagi ni. Yuk, kita bahasa terlebih dahulu Hay Day ini. Hay Day merupakan permainan pertanian yang paling populer di ponsel dan tablet, bahkan menduduki nomor satu di 122 negara. Waawww… keren.

Oh iya sobat Codding PC, pada game ini kita juga dapat mengatur letak posisi tanah, tanaman, dan perdagangan barang hasil tanam kita dengan tetangga ataupun teman. Dan Hay Day ini adalah permainan yang sangat istimewa alias unik dimana tanaman tidak pernah mati meski tidak pernah hujan. Berbagai peternakan dengan hewan-hewan yang unik, hal ini tentunya akan membuat game ini lebih menyenangkan.

Game Hay Day ini bebas kita download dan menginstalnya lewat PlayStore. Namun, beberapa item dari game ini juga bisa dibeli dengan uang sungguhan. Jika kita tidak ingin menggunakan fitur ini, harap siapkan perlindungan sandi untuk pembelian di setelan aplikasi Google Play Store kita. Jangan lupa sobat Codding PC, sambungan koneksi jaringan internet juga diperlukan untuk memainkan game ini.



Silahkan download game Hay Day, disini.


Wednesday, 21 June 2017

3 Game Android Gratis Dijamin Unik dan Menarik Untuk Kalian Coba

3 Game Android Gratis Dijamin Unik dan Menarik Untuk Kalian Coba


Codding PC - Sering bosan saat memainkan game itu-itu saja? Bermain game menurut saya cukup efektif untuk menghilangkan kebosanan. Tapi bosan dengan model yang cenderung sama dan monoton? Mungkin hampir kita termasuk orang pernah mengalami hal ini.

Saat ini para developer game sedang gencar dalam meningkatkan inovasi mereka sehingga bisa menghasilkan game yang tidak membosankan tentunya. Untuk itu, kali ini Codding PC punya solusi nih bagi kamu yang merasa bosan dengan gameplay yang sama. Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya!

[3 Game Android Gratis Dijamin Unik dan Menarik Kalian Dicoba]


1. Chicken Scream



Dari namanya mungkin kamu sudah tahu apa yang menjadi keunikan dari game ini, ya, kamu harus berteriak dengan menggunakan suaramu untuk mengontrol karakter kamu. Game karya Perfect Tap Game ini sangat menantang sekaligus mengasyikan karena dikemas dengan gameplay yang unik. Tentunya kontrol untuk game ini sangatlah mudah, yaitu dengan berbicara atau bernyanyi untuk berjalan bahkan menjerit untuk lompat.

Tujuan game ini yaitu karakter mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dengan melewati rintangan yang ada. Game ini juga sangat hemat kuota, karena game ini merupakan game online dan hanya dengan 10,5 MB kamu sudah bisa menikmati game ini.

2. A Blind Legend



Inovatif? Ya, game satu yang ini sangatlah inovatif karena game dengan genre hack and slash ini mengajak kamu untuk bermain game tanpa visual! Game ini dapat memberikanmu pengalaman gaming yang tidak pernah kamu rasakan. Bercerita tentang Edward Blake, seorang kesatria buta yang dibantu oleh seorang anak perempuannya untuk melakukan perjalanan yang berbahaya di High Castle Kingdom.

Kontrol pada di game ini sangatlah mudah dan akan dijelaskan dalam tutorial game. Yang paling penting dari game ini adalah mendengarkan dengan seksama penjelasan dan jalan cerita dalam game ini yang sangat unik. Bahkan, kamu dapat membayangkan perjalanan game ini karena telah dikemas dengan sound yang bisa membawamu dalam cerita. Walaupun game ini tanpa gambar, game ini berukuran 292 MB.

3. Fast Like a Fox



Yang terakhir adalah Fast Like a Fox. Game ini adalah game besutan Fingersoft yang menjadi pemenang 2016 Google Play Choice nominee di kategori menonjol indie dan paling inovatif. Game ini terlihat seperti game running lainnya akan tetapi yang membedakan adalah kontrol untuk berjalan dan berlarinya, bukan dengan menyentuh layar atau menggerakkan kursor, melainkan dengan menyentuh atau mengetuk bagian belakang handphone kamu.

Game ini menggunakan sensor bagian dalam dari smartphone-mu untuk berjalan. Tentunya ini akan memberikan pengalaman yang sangat berbeda dalam bermain game. Dengan gameplay yang inovatif, game ini dapat kamu download dengan ukuran 53 MB.

Nah, itu dia 3 game Android gratis dijamin unik dan menarik untuk kalian coba menurut Codding PC nggak ngebosenin, terutama saat menunggu jam berbuka puasa. Gimana? Tertarik buat mencobanya? Jangan lupa share pengalaman kamu setelah mencobanya nati ya di kolom komentar di bawah ini.

Sunday, 25 September 2016

Cara  Menginputkan Karakter Berspasi dengan Bahasa C++

Cara Menginputkan Karakter Berspasi dengan Bahasa C++

Cara  Menginputkan Karakter Berspasi dengan Bahasa C++ - Sahabat Codding PC, untuk kalian semua yang lagi pada fokus belajar coding-mengoding. Terkhusus yang masih mendalami bahasa pemrograman C++, kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu mengenai pemrograman C++.

Untuk topik pembahsan kita kali ini, kita akan mengoprek code pemrograman C++. Kita akan mencoba memaparkan bagaimana cara menginput karakter berspasi. Ya.. untuk kalian yang biasanya menggunakan "cin" untuk melakukan input, akan tetapi ketika kalian mencoba menginput karakter berspasi apa yang terjadi? tidak bisa diproses? bahkan error?

Okey guys, jangan kawatir. Kita akan berbagi solusi untuk permasalahan kita kali ini. Okey, sepertinya saya tak perlu berlama-lama. Langsung saja kita menuju ketutorialnya gan.















Jagi gini gan, untuk menginput suatu karakter yang berspasi kita perlu menambahkan sedikit kode sintaknya gan. Jika kita biasannya menggunakan "cin" untuk melakukan inputan, akan tetapi jika kita ingin menginput karakter berspasi kita tambah jadi gini gan "cin.getline(nama_variabe, ukuran_karakter)".

Seperti pada gambar yang tertera diatas gan, ini cukup mudah sekali gan. Okey gan, untuk tutorial kali ini saya cukupkan sampai disini yaa... Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Amiin... 

Okey gan, sampai jumpa ditutorial berikutnya... 

Saturday, 24 September 2016

Tips dan Trik Cara Mudah Mendownload Subtitle dari YouTube

Tips dan Trik Cara Mudah Mendownload Subtitle dari YouTube

Tips dan Trik Cara Mudah Mendownload Subtitle dari YouTube - Sahabat Codding PC, Kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial yang menurut saya cukup penting bagi kalian para YouTubers. Bagi kalian yang suka download-mendowload video dari Youtube.

Caranya gak ribet-ribet amat kok gan, mudah sekali. Pokoknya gak pakek pance deh. hehe....

Okey gan, kita langsung aja ke tutorialnya ya... tak perlu tunggu-tunggu lama.

Berikut ini Tips dan Trik Cara Mudah Mendownload Subtitle dari YouTube:

Pertama, kalian terlebih dahulu buka website Youtube


Kedua, kalian cari video yang akan kalian download subtitlel-nya. Kemudian copy "url-nya"


Ketiga, kalian buka Savefrom.net lalu pastekan "url" video youtube tadi ke dalam kolom pencarian di Savefrom.net


Keempat, pada kolom pilihan kalian pilih "SUBTITLE"


Kelima, setelah itu kalian pilih subtitle sesuai yang diingingkan


Yang terakhir, kalian download subtitlel-nya


Nah,.. tutorialnya sudah selesai gan. Mudah bukan? Okey gan, saya cukupkan tutorialnya sampai sini dulu yaa.. Sialahkan kalian praktekan ya. Supaya pahammm,... :D Okey gan...

Friday, 29 July 2016

Cara Mengatur Teks Rata Kanan Kiri (Justify) Dengan Tag HTML

Cara Mengatur Teks Rata Kanan Kiri (Justify) Dengan Tag HTML


Cara Mengatur Teks Rata Kanan Kiri Dengan Tag HTML Sahabat Codding PC, untuk pembahasan kita kali ini, kita akan membahas sedikit mengenai text justify/ rata tengah. Bagaimana cara membuat text rata tengan dengan menggunakan tag HTML? Nah, ini yang akan kita bahas.

Mungkin kalian para blogger, ketika kalian mau posting, eh... gak taunya pengaturan text rata tengah gak ada di menunya. Kalo sudah gini gan, ya kita mesti nulisnya dengan format HTML supaya text rata tengah bisa kita atur.

Ok gan, kita langsung saja ke TKP. hehe :D

Untuk membuat text rata tengah, kalian cukup mengetikan:

<p align="justify"> ...... "isi dengan text yang akan dibuat rata tengah" ..... </p>

Kalian bisa mengantinya sesuai dengan kebutuhan gan

1. align="justify" (untuk rata kanan kiri)
2. align="left" (untuk rata kiri)
3. align="right" (untuk rata kanan)
4. align="center" (untuk rata tengah)

Cukup mudah kan gan? Nah, sekarang tinggal kalian praktikan. Semoga berhasil gan.

Friday, 17 June 2016

Cara Mengakses MySql  Melalui Command Prompt

Cara Mengakses MySql Melalui Command Prompt



Cara Mengakses MySql  Melalui Command Prompt - Sahabat Codding PC, kali ini kita akan mencoba untuk berbagi ilmu mengenai MySQL. Bagi kalian yang sedang bergelut pada database MySQL, mungkin sedikit penjelasan dari tutorial ini dapat membantu kalian semua. 

Oke gan, kita langsung masuk saja pada pembahasa. Pertama, pastikan komputer Anda telah terinstal Xampp, MAMP atau aplikasi server sejenisnya. Kedua, pastikan MySQL sudah berjalan pada Xampp atau MAMP, sehingga dapat diakses.

Untuk cara menginstal Xampp dapat kalian lihat disini tutorialnya. Sedangkan cara untuk mengistal MAMP dapat kalian disini tutorialnya.

Baiklah kita masuk ke pembahasan. Terlebih dahulu buka command prompt pada komputer agan.


Setalah itu ketikan pada command prompt cd\xampp\mysql\bin lalu tekan enter


Setelah itu ketikan pada command prompt mysql -u root lalu tekan enter


Jika proses berhasil, maka akan command prompt akan menampilkan seperti gambar dibawah ini


Untuk menampilkan seluruh database ketikan show databases;


Oke gan, untuk tutorial kali ini saya cukupkan sampai disini. Semoga tutorialnya bermanfaat dan bernilai berkah. Dan tunggu tutorial berikutnya. Jika kalian anggap tutorial ini bermanfaat, jangan lupa share ya gan. hoho....

Wednesday, 11 May 2016

Kunjungan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Lampung Ke Kantor TELKOM Wilayah Lampung

Kunjungan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Lampung Ke Kantor TELKOM Wilayah Lampung



Kunjungan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Lampung Ke Kantor TELKOM Wilayah Lampung - (Selasa, 3 Mei 2016) Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UNILA beserta dosen pembimbing (Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I.) melakukan kunjungan lapangan ke Kantor TELKOM yang ada di Jl. Majapahit No. 14 Bandar Lampung. Adapun kegiatan ini dilakakukan untuk menambah wawasan khususnya bagi mahasiswa, agar mereka menjadi lebih paham, dan juga diharapkan dengan diadakannya kunjungan ini dapat menjawab rasa keingin tahuan meraka mengenai: Apa sih TELKOM itu? Apa sih IndiHome Fiber itu? Pelayanan mereka seperti apa?

Dibawah ini merupakan ringkasan dari hasil kunjungan kami ke Kantor TELKOM Lampung.

Apa sih TELKOM itu?
TELKOM adalah perusahaan penyedia layanan dan jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia Kami sangat bangga melayani lebih dari 151,9 juta pelanggan yang terdiri dari seluler (Telkomsel) lebih dari 125 juta dan pelanggan tetap 25,8 juta. 

Apa sih IndiHome Fiber itu?
IndiHome merupakan layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Internet on Fiber atau High Speed Internet, Phone (Telepon Rumah), dan Interactive TV (UseeTV Cable) beserta beberapa fitur tambahan seperti IndiHome view, Melon dan Trend Micro Security.

Dibawah ini merupakan cangkupan terbentang luasnya IndiHome Fiber di Indonesia.


Untuk mengutamakan kecepatan dalam pelayanan, IndiHome tidak lagi menggunakan kabel tembaga melainkan menggunakan kabel fiber optik. 

Dalam penggunaan serat optik ini, terdapat beberapa keuntungan antara lain:
  1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan
  2. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi
  3. Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang
  4. Imun, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
  5. Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api
  6. Tidak berkarat
Adapun untuk produk dari IndiHome itu sendiri ada 3, yaitu:

1. Internet Fiber
Merupakan layanan internet super cepat menggunakan FIBER optik dari Telkom Indonesia yang memiliki keunggulan.

INTERNET CEPAT
Fiber optik mampu mentransfer data (bandwidth) hingga ratusan Mbps (jauh lebih cepat dibandingkan kabel coax atau copper).


INTERNET STABIL
Kecepatan fiber optik jauh lebih stabil dibandingkan coax atau copper pada saat dilakukan sharing (akses internet secara bersamaan).


INTERNET HANDAL
Fiber optik lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnet dibandingkan kabel coax atau copper. Sehingga komputer anda menjadi lebih aman.

INTERNET CANGGIH
Fiber optik merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

2. Interactive TV

UseeTV Cable merupakan layanan Interactive TV pertama di Indonesia. Layanan TV berbayar (Pay TV) yang memberikan pengalaman baru. Anda tidak hanya menonton TV, tapi juga dapat memegang kendali seakan Anda sutradaranya. Selain memberikan tayangan yang berkualitas, UseeTV Cable juga memberikan berbagai macam fitur yang tidak ada di penyedia layanan kabel lainnya, seperti Pause & Rewind TV, Video on Demand, Video Recorder dan lainnya. Lebih asyiknya lagi, Anda bebas memilih channel premium pilihan. Usee TV, layanan TV Kabel yang seru dan lengkap!

3. Phone
Telepon rumah adalah layanan komunikasi telepon dengan keunggulan biaya nelpon lebih murah dan kualitas suara yang jernih. Paket Telepon Rumah IndiHome Fiber menawarkan GRATIS nelpon 1000 menit lokal atau Interlokal per bulan atau setara dengan 17 jam per-bulan yang bisa digunakan baik untuk Lokal maupun Interlokal secara leluasa tanpa batasan berapa menit yang digunakan untuk Lokal ataupun berapa menit Interlokal dengan total penggunaan 1000 menit per bulan. Telepon rumah yang hemat, kan?

Lalu bagaimana dalam segi pelayanannya?
Dalam segi pelayanan TELKOM akan selalu memberikan pelayanan terbaiknya, karena TELKOM merupakan perusahaan terbesar dalam penyedia layanan. Sehingga apapun itu pelayanannya yang diberikan TELKOM, TELKOM akan memberikan yang terbaik, jika dengan itu pelanggan dapat merasa nyaman dan puas.

Dapat kita tengok juga bahwa memang benar pelayanan TELKOM itu luar biasa, kualitas jaringannya sip, mantap!! saya kasih jempol dah. Semoga TELKOM tetap berkibar dah, dan selalu memberikan pelayanan terbaiknya.

Tuesday, 3 May 2016

Tutorial 1 : Belajar Database MySQL (Intro)

Tutorial 1 : Belajar Database MySQL (Intro)


Tutorial 1 : Belajar Database MySQL (Intro) - Sahabat Codding PC, kali ini saya akan berbagi untuk kalian tutorial Belajar Database MySQL (Intro). Sebelum kita masuk ketutorialnya kita pahami dulu apa sih database itu?

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. 

Bagi kalian yang ingin memahami pemrograman database, mungkin video tutorial ini dapat membantu kalian dalam memahami database. Dalam video ini, yang akan dibahas adalah gambaran apa itu database? Dan bagaimana cara melakukan mengolahan awal dalam database? Hal-hal apa saja yang diperlukan dalam pengolahan database? Oke gan, langsung saja tonton tutorialnya, semoga bermanfaat gan.


Jika kalian ingin menonton video tutorial yang lain, kalian dapat menontonnya secara berurutan. Dibawah ini merupakan video-video tutorial Belajar Database MySQL.
Tutorial 1 : Belajar Database MySQL (Intro)

Wednesday, 6 April 2016

Memahami Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Pada Java

Memahami Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Pada Java

Codding PC- Bagi kalian para penggemar pemrograman Java, kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Pemrograman Berorientasi Objek. Sebelumnya, taukah kalian apa itu Pemrograman Berorientasi Obyek? Dan mengapa kita perlu memperlajari Pemrograman Berorientasi Obyek? Oke gan, kali ini saya akan mencoba mengulasnya sedikit. Semoga bermanfaat gan, cekidot.

Pemrograman Java menggunakan konsep Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) atau Object Orientide Programming (OOP). Semua program Java merupakan suatu obyek. Dasar-dasar OOP meliputi istilah berikut ini:
  • Class
  • Object
  • Attribute
  • Method

Apa Sih Pemrograman Berorientasi Obyek Itu?

Secara umum, OOP adalah teknik yang memfokuskan design program pada obyek dan class berdasarkan pada skenario di dunia nyata. Sebagai contoh, misalkan mobil. Sebuah mobil secara umum tentunya memiliki beberapa karakteristik, yaitu misalnya memiliki sejumlah roda, memiliki warna, memiliki beberapa pintu dsb. Selanjutnya mobil ini bisa terdapat berbagai macam merek, misalnya mobil Suzuki Ertiga, Toyota Avanza dsb. Sebuah mobil tentunya juga bisa dijalankan, baik maju maupun mundur atau dihentikan. Dalam OOP, mobil tersebut identik dengan class, mobil Suzuki Ertiga, Avanza dll itu merupakan obyek. Jumlah roda, warna mobil, jumlah tempat duduk dll identik dengan atribut dari suatu obyek, serta proses untuk mengendalikan mobil (maju, mundur dan berhenti) itu dalam OOP identik dengan method dari suatu obyek.

Lalu Apa Manfaatnya?

Manfaat dari pemrograman yang menggunakan teknik OOP ini adalah kebebasan pengembangan, mengingatkan kualitas, mempermudah pemeliharaan, mempertinggi kemampuan dalam modifikasi dan meningkatkan penggunaan kembali software.
Class
Class adalah model dari suatu obyek yang menjelaskan karakteristik (sifat) serta fungsi yang dimiliki dari suatu obyek. Class merupakan wadah (tempat) yang digunakan untuk menciptakan suatu obyek. Dengan kata lain sebuah Class merupakan blueprint dari suatu obyek.
Berikut ini adalah aturan pembuatan class dalam Java:

public class namaclass
{
.
.
}

Aturan pemberian nama class:
  • Dimulai dengan huruf, atau tanda “_” atau tanda “$”
  • Tidak boleh menggunakan reserved word dalam Java
  • Tidak boleh memuat operator aritmatika
  • Bersifat case sensitive

Oleh karena itu, jika diperhatikan ketika membuat project baru, maka secara otomatis akan dibuat class sesuai nama projectnya. MisalkanAnda membuat project baru dengan nama ‘Project1’ maka secara otomatis akan dibuat class dengan nama ‘Project1’.

public class Project1 {
.
.
.
}

Dalam sebuah project, kita dapat membuat lebih dari satu class sebanyak kebutuhan.

Atribut
Atribut adalah elemen data dari suatu class. Atribut  menyimpan informasi tentang class. Atribut dapat diartikan sebagai data, vaiabel, properti atau sebuah field.

Method
Method adalah sebuah function atau fungsi yang ada dalam suatu class. Setiap method memiliki tugas sendiri. Di dalam Java ada 2 jenis method yaitu void dan non void methos. Method void adalah method yang tidak mengembalikan nilai, sedang non void method adalah method yang mengembalikan suatu nilai.

Jika Anda perhatikan pula ketika membuat project baru misalnya ‘project1’, maka akan ada di dalam class ‘project1’ ini akan dibuat pula method dengan nama main().

public class project1 {
public static void main(String args[]) {
.
.
}
}

Method main() dalam suatu class menunjukkan method tersebut adalah method utama yang akan dijalankan pertama kali ketika program Java dijalankan. Khusus method main(), perlu diberikan ‘static’ setelah modifiernya.

Pada suatu class, kita bisa membuat method berapapun semau kita.

Perlu diingat juga bahwa di dalam Java, beberapa class itu bias digabung atau disimpan menjadi satu dalam sebuah paket atau package jika diperlukan. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengolahan class saja.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua (sahabat Codding PC), dan dapat menjadi referensi, dan sumber ilmu pengetahuan, ya gan. Saya berharap kalian dapat menyempatkan sedikit watunya untuk mengomentari artikel ini gan, kalian dapat berkomentar pada kolom komentar dibagian bawah artikel ini. #AyoBerkomentar
By: Zero-One